Kamis, 12 Juni 2014

Consistency and standards - keripikkaruhun.net



        Merupakan prinsip keempat dari evaluasi heuristics (Heuristics Evaluation)
Seperti biasanya pertama saya akan menjelaskan terlebih dulu apa yang dimaksud dengan consistency and standards pada heuristic evaluation. Aspek ini meninjau pemakaian elemen-elemen pada suatu sistem (seperti penggunaan icon, penamaan halaman, menu, dan font) apakah elemen-elemen tersebut konsisten atau malah menimbulkan ambiguitas dan mempersulit pemahaman user.

Penggunaan kata tidak seragam
      Pada keripikkaruhun.net ini saya menemukan keganjalan pada menu utama, yaitu pada menu utama ada nama menu "Cara Pesan Online" dan ternyata judul halamannya adalah Beli Keripik Karuhun Online.


Saran : Konsisten itu sangat penting, ketika kita ingin mencantumkan menu khusus untuk "cara pesan online maka judul halaman juga harus sama yaitu "cara pesan online".

Several Rating
Saya memberi rating 2 untuk masalah ini artinya keripikkaruhun.net perlu memperbaik website ini dengan prioritas rendah.
Keterangan Severe Ratings (Nielsen 1995):
0 = Bukan masalah
1 = Masalah yang tidak terlalu penting
2 = Minor usability problem. Perlu diperbaiki dengan prioritas rendah
3 = Major usability problem. Sangat perlu diperbaiki dengan prioritas tinggi
   4 = Usability catastrophe. Masalah yang sangat besar, perlu penanganan dengan prioritas paling    tinggi.

1 komentar:

  1. kekonsistenan pada sebuah website sangat penting, agar tidak membuat pengguna bingung dan bertanya-tanya. setuju dengan tanriyana, sebaiknya nama menu menggambarkan isi menu- G64134034

    BalasHapus